Mengamankan Windows dari Virus

Seringkali saya ditanya  oleh teman-teman perihal pembersihan virus, atau anti virus yang bagus saat ini. Repot juga klo pertanyaan semacam ini kerap kali muncul, yang kemudian membikin dilema adalah mereka yang bertanya hal demikian adalah orang-orang berpengetahuan TI atau mahasiswa TI/SI semester akhir :).

Pernah saya berdialog dengan Pak Gde, dan menanyakan hal sama. Ambil contoh anti virus Kaspersky adalah anti virus yang paling handal saat ini (menurut saya), lantas kenapa masih saja pengguna Windows kebobolan virus meski database anti virusnya sudah up-to-date. Dari ngobrol saya ngalor-ngidul menghasilkan kesimpulan bahwa meski menggunakan anti virus paling canggih-pun tidak akan menyelesaikan masalah ini.

Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan yang ada, saya mendapatkan solusi untuk masalah ini, dan saya jamin tok cer dan tanpa basa-basi. Setelah fresh install Windows kali pertama lakukan tahapan dibawah ini :

  1. Disarankan untuk berhati-hati dalam bertukar data, khususnya dari flash disk. Usahakan menggunakan flash disk miliki anda sendiri.
  2. Disaranakn untuk tidak mengakses jaringan (wired/wireless) dimana pun anda berada, untuk keperluan intranet maupun internet.
  3. Disarankan menginstall Windows dan aplikasi lainnya dari cd original dan bukan cd yang anda beli dari plasa dan plasa lainnya.

Dengan 3 langkah diatas saya yakin 100% anda dan Windows akan terbebas dari serangan virus, trojan dan sejenisnya tanpa harus menginstall anti virus. Atau barangkali anda punya solusi yang lebih baik dari ini ? silahkan komentar.

1 Comment


  1. apa ya kira2 antisipasi dari virus,apalagi kl virus saat ini da pd canggih,artinya begitu colok flash disk misalnya langsung nylonong az tanpa permisi 😉
    ni masukan az buat tmn2 smua tk antisipasi :
    1.pake antivirus yang up to date kl diperlukan (khususnya bagi pemula)
    2.matikan fitur autorun / autoplay
    3.jangan sembarangan double klik “file” yang g jelas
    4.aktifkan fitur restrictrun lalu daftarkan program apa az yang akan di pake
    5.jangan biasakan double klik drive (c:,d:, atau e:) di sebelah kanan layar explore.

    mungkin 5 tips dulu ya,ni penjelasan dari 5 tips tsb:
    1.AV yang up to date tuk perbaharui database
    2.fungsi tsb agar drive CD or flash disk g bisa jalan secara otomatis,hanya sekedar antisipasi kl ada file aneh yang siap jalan
    3.penting karena sapa tau file yang anda buka adalah virus
    4.restrictrun sangat bermanfaat untuk memblokir aplikasi yang g didaftar sebelumnya,termasuk viruspun g bakal bisa nga2ain.
    5.antisipasi kl ada file virus yang siap jalan dengan sistem autorun,bisa jadi virus tsb udah stand by di drive anda selain C:

    kalo ada yang mau share or tukar pengalaman kirim email az di ical_000@yahoo.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *