Hati-hati dengan Speedy

Terkait dengan posting saya sebelumnya, maka bagi anda perlu hati-hati jika menggunakan layanan dari TelkomSpeedy, berikut informasi via email yang saya dapatkan dari seorang rekan saya.

FYI

Dear rekans,

Cuma sekedar sharing aja, baru-baru ini rekan saya yang berlangganan koneksi internet ADSL-nya Telkom mengalami kejadian yang amat sangat menyebalkan karena tiba-tiba tagihannya membengkak menjadi hampir 11jt padahal internet hanya digunakan seperlunya karenanya dia hanya ambil paket personal dgn bandwidth 500mb yang harganya 300rb/bulan.

Ditambah lagi sistem penghitungan pemakaian internet yang disamakan dengan telepon, jadi jika kita sengan download email 30kb dan tiba-tiba terputus maka di log telkom akan dibulatkan menjadi 1000kb (1MB) hal ini sungguh tidak masuk akal. Mana bisa perhitungannya disetarakan dengan telp dimana jikan pembicaraan 30dtk makan dibulatkan menjadi 1mnt… kapatilas sekali yah TELKOM ini.

Berikut kutipan curhat rekan saya,
================================================================
sudah 4 bulan ini gue pake adslnya telkom. guess what?.. 3 bulan terakhir ini tagihan gue melonjak drastis. bulan oktober dan nopember total 2.958.000, lebih gilanya lagi yang bulan desember, totalnya 8.347.260 … wow gila ndak? gue shock pas dapet surat tagihan dari telkom.. ya mana mungkinlah gue make internet sampe segitu gedhenya. apalagi gue freelancer.

langsung deh gue telpon ke customer servicenya, dan dijawab dengan santai.. ” bapak silahkan dateng ke kantor kami untuk mengajukan keberatan”.. lho apakah ini?

paginya gue dateng ke kantor telkom di bsd, sampai sana ketemu ama bapak² operator di depan..(sorri lupa namanya) langsung si bapak tadi bilang

“katanya kemaren ke luar kota pak?, saya telpon ke rumah yang jawab ibu, ibu bilang bapak lagi keluar kota?”*

lho.. gue kan jadi pengen ngakak.. kok gue dateng malah sambutannya spt itu?.. ya gue jawablah..

“saya keluar kota sudah lama sekali.. sekitar bulan agustusan”

“ke bandung kalau gak salah.. (banyak yang tau lho, dan ada potonya :P) terus disambung dengan kata² laen

“ati² lho pak, pembantu sekarang pinter²”

“lho lho lho.. ini lebih aneh lagi.. emang pembantunya siapa ya?

“pak.. saya gak punya pembantu, saya dirumah cuman bertiga, saya istri saya dengan anak saya”

“mungkin istrinya atau anaknya yang pakai, adsl kita accessnya kencang lho pak”

“pak. istri saya tidak pernah nyentuh komputer saya, anak saya apalagi, kan baru umur 2 th, saya tuh bingung kok tagihan adsl saya bisa sampai 8 juta lebih ya? saya kan home user biasa, cuman kuat buat bayar speedy yang paling murah”

blablablabla.. skip the conversation…

lalu si bapak mengajak gue ke customer service di depan, untuk ngeprint penggunaan adsl gue.. nah ini best partnya, asli aneh banget deh .. ada banyak data acces 32mb. dan anehnya lagi 32mb tsb di download hanya dengan hitungan detik. dan beragam, ada yang 3detik, 4 detik dan kelipatannya… haduh mana mungkin yak? kan gue punya acces kecepatan cuman 384 kbs, itu aja gue udah kaget, lalu setelah gue teliti lagi.. ada yang lebih gila.. hanya dalam hitungan menit.. tepatnya dari 10:54:56 ke 10:55:01 ada download sebesar 2372 MB (2 giga lebih?) shit!! emang gue dagang warez apa yak? anjrit plus fakinsit deh..

gue kasih liat ke si bapak tadi.. pak ini gak masuk akal.. masak satu menit bisa download 2 giga… saya jadi curiga, jangan jangan 2 bulan kemaren saya juga dirugikan nih, si bapak tetep kekeuh dengan tegasnya ngomong, internet kita kenceng lho pak lah iya saya juga tahu, kalau bapak nggak percaya sama penggunaaan internet saya, saya punya bukti penggunaaan perbulan saya.. saya pakai dialup logger, jadi punya log besar penggunaan internet, lama acces, besar download/upload. dan itu tidak cocok dengan apa yang ditagihkan oleh telkom.

lalu datenglah bapak juriman (ini si bapak kenal gue) nhaaa pak jumari tahu nih, saya punya log penggunaan internet. dia juga tau software tsb dari gue. tapi si pak juriman ini mengeluarkan pernyataan yang agak aneh juga lho para pembaca yang budiman.. gini nih kata dia…

“pak, penggunaan internet di telkom itu menghitungnya gini nih, kalau bapak online dan penggunaanya misalnya 1mb 200 kb maka akan dibulatkan jadi 2 mb, jadi kalau bapak logoff diatas 1mb lebih, akan dicharge sebagai 2 mb. soalnya perhitungannya spt pulsa telepon”

astaga!!!!! perhitungan cara mana nih? tidak masuk akal sama sekali mas. gak tau nih gue mau ngomong apaan.. yang jelas hari senin ini gue mau kesana ngurusin ini lagi.. gile tagihan internet rumahan kok sampe 11juta lebih.. gila nggak?
mo beli henpon aja gue kagak mampu, lah ini internet kok 11jt.. Duit dari mana atuh? penghasilan aja kg sampe segitu tiap bulan…

another update..
ternyata penghitungan pemakaian adsl adalah sebagai berikut :

dihitungnya per megabytes, jadi misalnya kita online / download email misalkan besar emailnya 34kb gitu ya… trus kita diskonek (baik sengaja maupun tidak disengaja) akan dibulatkan keatas jadi 1 megabytes. (masuk akal nggak?)

jadi kalau koneksi lagi ada trouble dan mati idup mati idup, maka .. bayangkanlah kerugian yang kita dapat. (ini sudah beberapa kali terjadi pada saya)

penjelasan dari orang telkom spt ini :
perhitungannya spt telpon rumah pak, kalau misalkan bapak telpon ke satu nomer, dan setelah di ujung sana ada yang angkat panggilan bapak… Lalu bapak tutup.. bapak kan kena charge 1mnt. Ini spt itu pak, hanya penghitungannya dibulatkan jadi 1mb. (masih masuk akal ndak?)

mana bisa lah penghitungan penggunaan internet disamakan dengan percakapan telepon, kalau misalkan pemakaian 32kb lalu dibulatkan jadi 50kb atau 100kb sih saya masih anggep masuk akal. lah ini jadi 1mb? common .. matre banget sih telkom?.

dengan amat semangat, saya akan coba tulis dan kirim ke surat pembaca di salah satu harian ibukota.

Informasi diatas adalah email yang saya dapatkan dari hasil mem-pop account Gmail saya, tertanggal 17 Desember 2004 ketika TelkomSpeedy masih anget-angetnya. Dan menurut saya cocok dipublikasikan, mengingat terkadang masih ada satu dua pelanggan yang merasa internet masih mahal dan susah untuk menimatinya.

Ngakak terpingkal-pingkal klo baca email diatas. Semoga TelkomSpeedy semakin memperbaiki layanan, kualitas dan harga. Jangan cari untung mulu, iklan gede-gedean tapi layanan…..piuhhhhh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *