Siapakah Samuel Johson ?

Samuel Johson muncul sebagai logo di Google Doodle, siapa sih sebenarnya Samuel Johson, seberapa ngetop dan terkenalnya sampai dimunculkan sebagai logo oleh Google ??

telegraph.co.uk
telegraph.co.uk

Senin 18 September 2017, hari ini Google Doodle ikut memperingati hari lahirnya Samuel Johnson ( 1709-1784).Dr. Johnson atau Samuel Johnson adalah seorang penulis asal Inggris yang terkenal dan tersohor sebagai tokoh sastra dunia. Kontribusinya sangat besar dalam perkembangan sastra Inggris, Samuel Johson multi talenta dengan kemampuan sebagai seorang penyair, esais, moralis, dan juga kritikus sastra.

Dr. Samuel Johnson lahir di Lichfield, Staffordshire, menempuh pendidikan tinggi di Pembroke College, Oxford. Sayangnya, masa belajarnya hanya selama satu tahun karena kekurangan biaya dan dia harus meninggalkan bangku pendidikannya. Memutuskan pindah ke London dan memilih menjadi seorang guru dan mulai menulis esai untuk kali pertama untuk majalah The Gentleman dengan judul The Life of Richard Savage, puisi berjudul “The Vanity of Human Wishes”, “London” dan drama berjudul Irene.

A Dictionary of the English Language diterbitkan tahun 1755 karya yang ia ciptakan setelah sembilan tahun bergelut di dunia bahasa dan sastra. Karyanya ini berdampak besar terhadap perkembangan bahasa Inggris modern sekaligus mengantarkannya meraih popularitas dankesuksesan, dan karyanya ini dianggap sebagai kamus bahasa Inggris sebelum kamus Oxford English Dictionary 150 tahun kemudian.

Pada malam tanggal 13 Desember 1784 Samuel Johson meninggal dunia akibat mengidap berbagai penyakit serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *